Selasa, 14 April 2015

Bimbingan Teknis Kepada Para TKI oleh BP3TKI Nunukan

Pada awal bulan April tanggal 31 Maret - 1 April tahun 2015. Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara perbatasan Indonesia-Malaysia mengadakan acara "Bimbingan Teknis Edukasi Pemanfaatan Layanan Jasa Keuangan Bagi TKI dan Keluarganya" di ruang aula kantor BP3TKI Nunukan. Pengadaan acara ini dinilai sangat bermanfaat bagi para TKI dan keluarganya dalam manajemen pengelolaan anggaran keuangan secara produktif. Para peserta diajarkan mengenai pengelolaan keuangan dengan baik dan benar terkait dengan remitansi (kiriman uang dari TKI di luar negeri kepada keluarganya yang ada di dalam negeri). Pihak BP3TKI Nunukan dalam acara kegiatan ini juga menjalin kerjasama dengan pihak Bank BNI dalam edukasi pemanfaatan layanan jasa keuangan terhadap para peserta yaitu para TKI.

Antusias para peserta yang semuanya adalah TKI dan keluarganya ini sangat terlihat ketika mengikuti bimbingan teknis. Para trainer yang merupakan pegawai BP3TKI Nunukan dengan dibantu para staff dari Bank BNI mengajarkan para TKI dan keluarganya mengenai pengenalan jasa layanan keuangan serta penggunaan uang secara lebih produktif, sosialisasi untuk menabung sebagai modal masa depan karena bekerja menjadi TKI hanyalah bersifat sementara dan tidak bisa diandalkan seumur hidup. Maka dari itu, pemanfaatan gaji uang yang dikirim selama menjadi TKI di luar negeri dapat disisihkan dalam wujud tabungan sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya sebagai modal usaha untuk menghidupi keluarga setelah purna TKI. 

Penyampaian pelatihan yang dilakukan para trainer dari pegawai lingkungan BP3TKI Nunukan dilakukan dengan cara menyenangkan melalui berbagai games (permainan-permainan) yang dapat menghidupkan suasana dan mengakrabkan para peserta antara yang satu dengan yang lain. Para peserta selama mengikuti pelatihan juga terus didampingi oleh pegawai BP3TKI Nunukan terutama ketika para peserta mengisi kuesioner. Para pegawai BP3TKI dengan sigap membantu dan melayani para peserta yang semuanya adalah TKI. Tujuan diadakannya bimbingan teknis ini agar para TKI dan keluarganya dapat lebih berdaya serta lebih produktif dalam pengelolaan keuangan sekaligus melatih dan menanamkan jiwa kewirausahaan kepada para peserta.

Suasana pelatihan dalam Bimbingan Teknis Edukasi Pemanfaatan Layanan Jasa Keuangan Bagi TKI dan Keluarganya:


Para pegawai BP3TKI Nunukan bersiap menyambut kedatangan para peserta

Sambutan dari Kepala Seksi Kelembagaan dan Pemasyarakatan Program BP3TKI Nunukan kepada para peserta

Permainan tim yang sedang dilakukan oleh para peserta yang dipandu pegawai BP3TKI Nunukan

Ramainya antusias para peserta yang saling mengakrabkan diri satu sama lain

BP3TKI Nunukan bekerjasama dengan Bank BNI dalam edukasi layanan jasa keuangan kepada para peserta

Para pegawai BP3TKI Nunukan melakukan edukasi keuangan dan sosialisasi kepada para peserta

Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Nunukan dan Kepala Bank BNI Nunukan memberikan edukasi pemanfaatan layanan jasa keuangan kepada para peserta




Ditulis oleh: Staff Seksi Kelembagaan dan Pemasyarakatan Program, BP3TKI Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, perbatasan Indonesia-Malaysia.


000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar